Home > Kisah, Relawan > Nasib Tragis Mobil Evakuasi

Nasib Tragis Mobil Evakuasi

Nasib Tragis Mobil Evakuasi
oleh Agus Wiyarto

Erupsi Gunung Merapi yang berlangsung sejak tanggal 26 Oktober 2010 lalu sampai kini, menyisakan berbagai kisah mulai dari korban nyawa sampai harta benda, namun ada kisah lain yang belum banyak diketahui yaitu kisah tragis mobil yang digunakan pertama kali untuk evakuasi dan berhasil menyelamatkan sekian banyak nyawa warga dari terjangan awan panas Gunung Merapi pada hari selasa 26 Oktober 2010.

Mobil Suzuki APV dengan nomor polisi AB 1053 PV milik Agus Wiyarto warga Bantul, yang dikendarai oleh relawan PMI Tutur Priyanto bersana Wawan Yunawan wartawan Vivanews.com hari selasa (26/10) tiba dirumah Mbah Maridjan menjelang sholat Maghrib dengan tujuan melakukan evakuasi keluarga Mbah Maridjan dan warga Kinahrejo dan sekitarnya.  Pada trip pertama setelah sholat maghrib kendaraan tersebut mampu menyelamatkan dan membawa turun belasan warga Kinahreja, Pelemsari ke barak pengungsian di bale desa Umbulharjo, namun pada perjalanannya yang kedua untuk evakuasi kendaraan tersebut terjebak di kinahreja dan diterjang awan panas bersama kedua penumpangnya Tutur Priyanto dan Wawan didepan rumah Mbah Maridjan.

Ketika ditemukan pertama kali oleh tim SAR, posisi mobil Suzuki APV berada didepan rumah Mbah Maridjan dalam keadaan pintu terbuka dan kunci dalam keadaan ter-kontak menghadap kearah jalan dalam posisi siap evakuasi.


26/10/2010 mobil APV AB 1053 DB diterjang awan panas didepan rumah mbah Maridjan

Irfan Yusuf salah satu anggota tim evakuasi yang berani masuk ke lokasi erupsi untuk pertama kalinya didusun Kinahreja pada selasa malam menyatakan bahwa mobil suzuki APV ditemukan dalam keadaan siap untuk evakuasi terbukti semua pintu terbuka, mobil sudah mengarah kearah jalan, mesin hidup (kunci terkontak) bahkan tape mobil masih hidup,  nampaknya posisi mobil memang sudah disiapkan untuk segera berangkat meninggalkan lokasi, namun apa daya awan panas menyergap lebih cepat.

Mobil ditemukan dalam posisi siap evakuasi, pintu terbuka kunci terkontak (hidup)

Pada hari kamis (28 Oktober) bangkai mobil Suzuki APV bersama dengan belasan motor warga Kinahreja diderek ke dusun Pangukreja sekitar 3 KM dari posisi semula rumah Mbah Maridjan, namun erupsi besar Gunung Merapi yang terjadi pada Jum’at dini hari (5/11) kembali mobil evakuasi beserta motor warga yang dikumpulkan dirumah Pak Paijan kepala dusun Pangukreja bernasib tragis untuk kedua kalinya diterjang awan panas  yang mampu meluluh lantakan dusun  beserta kendaraan2 yang diparkir disana…

Setelah dievakuasi ke dusun Pangukreja, mobil diterjang lava pijar 5/11/2010

Ketika dihubungi Agus Wiyarto pemilik mobil menyatakan bahwa dia hanya pasrah saja, mengingat mobil tersebut tidak diasuransikan, dia berharap bahwa pihak yang berwenang turut memperhatikan nasib mobil yang sangat dia butuhkan keberadaannya, mengingat bahwa kendaraan tersebut nyata-nyata telah mampu meng-evakuasi warga serta harus terbakar dan hancur diterjang lava pijar.



Advertisements
Categories: Kisah, Relawan
  1. December 19, 2010 at 12:16 am

    sungguh pahlawan sejati, semoga yang meninggal diberikan tempat di sorga. Amin

  2. December 19, 2010 at 8:01 am

    Bukan diterjang lava pijar, tapi diterjang awanpanas.

  3. punpun
    December 21, 2010 at 8:59 am

    semua relawan dan Tim SAR beserta Relawan pasti sangat paham akan konsekwensi dari apa yang dia lakukan,.. Semoga semua amal kebaikannya mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah. SWT,.. Amin,…

  4. jabrik sugeng
    December 23, 2010 at 4:43 pm

    semoga semua yang sudah dilakukan menjadi berkah…..namun patut diteladani sebagai ‘perbuatan baik’…

  5. August 16, 2011 at 2:39 pm

    semoga semuanya dapat balasan dari Allah SWT,
    aminnn

  6. May 4, 2012 at 9:02 pm

    Merci beaucoup � propos de cette partie. J’en requerrais une autre ration emball� de cette facture.

  1. December 18, 2010 at 8:23 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: