Home > Relawan > Jogja Never Give Up: Save Code and Opak for Jogja (2)

Jogja Never Give Up: Save Code and Opak for Jogja (2)

Jogja Never Give Up: Save Code and Opak for Jogja (2)
oleh Nawa M

Pendampingan Masyarakat

Kegiatan Pendampingan Masyarakat adalah kegiatan yang memadukan pengalaman dan pengetahuan masyarakat (local knowledge) di sepanjang bantaran Kali Code dan Kali Opak dengan perkembangan informasi dan teknologi dalam mempersiapkan diri dalam menghadap bahaya banjir lahar hujan. Kegiatan Pendampingan Masyarakat terdiri dari dua sub-kegiatan, yaitu Penyusunan Sistem Evakuasi Mandiri dan Pendampingan Evakuasi Mandiri. Penyusunan Sistem Evakuasi Mandiri adalah kegiatan menyusun sebuah sistem evakuasi yang akan digunakan oleh masyarakat ketika terjadi banjir lahar hujan. Penyusunan Sistem Evakuasi Mandiri ini meliputi pembuatan jalur evakuasi, penyusunan Panitia Mandiri, sosialisasi tentang potensi bahaya banjir lahar hujan – baik dalam bentuk sosialisasi maupun informasi tertulis. Hasil dari kegiatan penyusunan Sistem Evakuasi Mandiri adalah sebuah sistem evakuasi yang dipahami dengan baik dan dilaksanakan sesuai prosedur yang ada oleh masyarakat ketika mendapatkan informasi ancaman bahaya banjir lahar. Dengan adanya Sistem Evakuasi Mandiri ini diharapkan masyarakat dapat melakukan evakuasi secara efektif dan tidak jatuhnya korban jiwa serta kerugian material seminimal mungkin.

Sedangkan Pendampingan Evakuasi Mandiri adalah kegiatan pendampingan terhadap Panitia Mandiri dalam melakukan Sistem Evakuasi Mandiri sesuai dengan Prosedur Evakuasi dan Ketentuan Evakuasi. Pendampingan ini bertujuan untuk memperkuat sistem sosial masyarakat dalam melakukan evakuasi, baik secara lokalitas (di masing-masing lokasi) maupun secara holistik (seluruh kawasan bantaran Kali Code dan Kali Opak). Dengan kekuatan sistem sosial di masyarakat bantaran Kali Code dan Kali Opak diharapkan akan dapat mendukung Early Warning System (EWS) secara keseluruhan.

Rangkaian kegiatan pendampingan di masyarakat sepanjang bantaran Kali Code dan Kali Opak selanjutnya adalah penyusunan Early Warning System (EWS) yang sesuai dengan karakteristik lingkungan (fisik dan sosial) di masing-masing lokasi dan konsep EWS yang sesuai dengan konsep disaster management. Hasil dari penyusunan EWS tersebut bertujuan untuk memberikan sebuah pedoman masyarakat di sepanjang bantaran Kali Code dan Kali Opak dalam menyikapi berbagai ancaman bahaya banjir. Selain itu, EWS tersebut dapat dipergunakan antar generasi – yang tentunya disesuaikan dengan perkembangan lingkungan dan teknologi, sehingga masyarakat secara alamiah memiliki kewaspadaan dan ketanggapan darurat secara mandiri.
Prinsip Kegiatan

Memperhatikan batas-batas ekolsistem dan keterpaduan antar komponen ekosistem.

Menerapkan proses politik yang terbuka dan mudah diakses serta sistem pembuatan keputusan yang efektif, yang bebas dari represi politik. Kemitraan antar pelaksana (stakeholders) kegiatan.

Transparan, tersedianya informasi yang dibutuhkan oleh stakeholders dan jaminan kemudahan aksesbilitas.

Evaluasi Kinerja, meliputi : input (masukan), output (keluaran), outcome (hasil), benefit (keuntungan) dan impact (dampak) yang bakal muncul dalam satuan waktu tertentu.

Integritas, kejujuran dalam pengelolaan kegiatan yang didasarkan atas pengalaman faktual dan pengetahuan teoretis.

Fleksibel, menghargai kesempatan dan keberagaman kemampuan masing-masing pelaksana kegiatan, baik dari aspek kemampuan sumberdaya maupun kemampuan teknis dalam pelaksanaan kegiatan.
Output Kegiatan

Peta kawasan rawan bahaya di sepanjang Kali Code dan Kali Opak

Sistem Informasi yang terpercaya dan mudah diakses

Sistem komunikasi terpadu berbasis masyarakat di sepanjang Kali Code dan Kali Opak

Sistem Evakuasi Mandiri

Early Warning System
Waktu Kegiatan
Diperkirakan pada bulan Februari 2011 semuat output di atas dapat diwujudkan.
Sumber Pendanaan Kegiatan
Sumber pendanaan kegiatan berasal dari swadaya masyarakat bantaran Kali Code dan Kali Opak, swadaya Sekretariat Bersama Perhimpunan Pecinta Alam DIY dan donatur masyarakat.
Susunan Pelaksana Kegiatan

Panitia Mandiri Tim Pemantau Sungai

Tim Pendampingan Masyarakat

Tim Level Darurat Tim Posko

Tim Data dan Informasi

Kegiatan yang Sudah Dilaksanakan

Pemetaan Fisik
Kegiatan sudah dilaksanakan dan menghasilkan Peta Kawasan Rawan Bahaya Kali Code dan Kali Opak.

Pemetaan Sosial
Kegiatan masih dilaksanakan.

Pemantauan Sungai
Kegiatan sudah dilaksanakan sejak tanggal 9 November 2010 hingga sekarang di Jembatan Ngentak, Sleman.

Pendampingan Masyarakat
Kegiatan sudah dilaksanakan di 20 RW yang berada di bantaran Kali Code dan 2 dusun di bantaran Kali Opak.

Advertisements
Categories: Relawan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: