Home > Relawan > Bantuan ke Ngargosari, Ampel

Bantuan ke Ngargosari, Ampel

Bantuan ke Ngargosari,  Ampel
oleh Sunu Widjanarko

9 Nopember 2010

Menemani Dahula Indrawan, mengirim bantuan bahan makanan mentah dan biskuit, sumbangan dari Alumni SMA 1 Solo angkatan 1988. Berangkat dari Solo jam 2 siang, menuju posko pengungsian di Balai Desa Ngargosari, Kec. Ampel, Boyolali. Lokasinya kurang dari 10km, dari pusat kota boyolali.

Informasi kekurangan bahan makanan di posko ini diperoleh dari web site Jaringan Informasi Lingkar (Jalin) Merapi : https://spreadsheets.google.com/pub?key=0AmZHu0Os76fNdEs5MkZYdm9lYVJhMjNzUXpYcjN2emc&hl=en&gid=5. Dari laman tersebut, pada tanggal 8 nopember menyebutkan belum tersentuh bantuan logistik. Konfirmasi melalui tlp menyebutkan komposisi pengungsi: bayi 37,balita 63,anak 83,remaja 112, dewasa 306, lansia 46, total 647. Pengungsi berasal dari kecamatan-kecamatan Selo, Cepogo, dan Musuk.

Posko ini dikelola oleh karang taruna desa, dikoordinir oleh Mas Komeng (+6285728058688). Ketika sampai di posko, saat itu sudah ada tak kurang dari 10an relawan dari karang taruna, putra dan putri.

Seluruh bahan makanan yang kami bawa, diturunkan di posko ini. Sekalipun awalnya mas Komeng mengatakan bahwa hanya beras yang sering kekurangan. Di mengatakan bahwa stok lain masih aman untuk satu hari kedepan. Kami katakan, kalau hanya cukup untuk satu hari kedepan, sebaiknya semua yang kami bawa, diturunkan saja ke posko ini. Kalaupun ada kelebihan, bisa dialihkan ke posko desa lain. Salah satu posko terdekat adalah di Desa Sidomulyo, desa sebelah utara yang berbatasan langsung. Akhirnya mas Komeng mau menerima alasan kami. Selama ini dia hanya mengasumsikan, kecukupan atau tidak, hanya dalam hitungan satu hari saja.

Wajah dan mata muda-muda ini menunjukkan bahwa mereka kurang istirahat. Salah satu orang malah mengatakan, sudah tiga hari tidak tidur, sejak kedatangan para pengungsi di balai desa ini. Kami menyarankan agar mereka mau membagi kerja dengan shifting saja. Tidak perlu khawatir untuk dikatakan pemalas, karena tidur sementara yang lainnya bekerja. Sebaiknya, mereka juga tidur di rumah saja. Karena mereka pasti lebih nyaman tidur di rumah dibandingkan tidur di posko. Dengan begitu mereka akan dapat bekerja dengan lebih baik, dan terhindar dari sakit. Kami lihat, semua dari mereka tidak ada yang sedang istirahat. Kami sarankan, untuk relawan yang sedang longgar, jangan cari-cari pekerjaan, kalau bisa malah tidur dulu. Dan sebaiknya itu juga berlaku untuk semua relawan.

Para pengungsi sendiri sebagian mulai turun kesehatannya. Beberapa diantaranya harus dibawa ke poliklinik. Secara umum, kondisi pengungsi dalam keadaan baik. Tempat mengungsi juga cukup baik. Semuanya tidur menggunakan tikar. Dapur umum, adalah rumah di depan balai desa. Mas Komeng dkk berencana memindahkan sebagian pengungsi yang tersebar di beberapa rumah, ke gereja desa, supaya lebih mudah mengelola.

Bantuan logistik datang dari berbagai pihak. Kenalan, teman, dan saudara. Satu kali meminta logistik ke posko terpadu di jl. Pandanaran 200, harus membawa surat pengantar yang disahkan oleh Kelurahan dan Kecamatan. Itupun hanya berhasil membawa satu kresek (25kg) beras. Untuk 600 pengungsi!! Kenapa bisa begitu?

Lebih baik, jika setelah menerima laporan keberadaan pengungsi di salah satu lokasi, mengutus orang untuk mem-ferivikasi kebenaran laporan itu. Lalu yang ada di posko terpadu memasukkannya ke dalam daftar/ database. Sehingga dalam sehari, jatah untuk satu posko sudah diketahui dan dipastikan. Lalu dibikinkan surat dari posko itu sendiri, yang harus dibawa ketika mengambil jatah logistik.

Advertisements
Categories: Relawan
  1. November 11, 2010 at 7:05 am

    Salut untuk para relawan yang bekerja siang malam tak kenal lelah, jangan lupa jaga kondisi biar tidak sakit.Tuhan yang membalas kebaikan kalian semua. Semoga musibah ini cepat berlalu…..amiin…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: