Home > Berita Merapi > Fokus pada Tanggap Darurat dan Abaikan Isu

Fokus pada Tanggap Darurat dan Abaikan Isu

Semakin maraknya isu yang  beredar di Jogja menimbulkan keresahan masyakarakat. Masyarakat diimbau tidak mempercayai isu akan terjadi letusan besar Gunung Merapi. Masyarakat pun dihimbau tidak menyebarkan dan meneruskan isu melalui pesan layanan singkat kepada orang lain, karena berarti ikut menyebarluaskan isu yang belum tentu benar, tetapi justru meresahkan.

Ir. Wartono Raharjo, Pakar Geologi Senior dari UGM  menghimbau untuk tetap tenang dan fokus pada tanggap darurat, bukan pada diskusi dan ramalan-ramalam paranormal. Beliau membuat pernyataan pada status facebooknya sebagai berikut:

Dalam kondisi kalut yang sudah terjadi ini sebaiknya effort fokus pada tanggap darurat, bukan diskusi dan ramalan2 paranormal! Yang sangat diperlukan oleh masyarakat awam adalah : Sigap Menghadapi Bencana (Disaster alertness) dan penjelasan tentang istilah teknis kegunungapian misalnya : abu, awan panas, lahar dingin, erupsi dan sebagainya yg sering membuat mereka panik

Senada dengan, Ir Wartono Rahardjo, Sekretaris jurusan Teknik Geologi UGM, Ir Agus Hendratno MT yang dihubungi melalui telepon menyatakan bahwa dia telah diwawancarai oleh wartawan antara. Terlampir di bawah pernyataan dari Ir. Agus Hendratno, MT yang dikutip dari http://antaranews.com

“Jangan percaya isu mengenai erupsi Merapi, karena isu itu belum tentu benar, dan ikuti saran serta imbauan pemerintah khususnya dari institusi resmi yang memiliki kewenangan terkait dengan perkembangan aktivitas gunung tersebut seperti Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, serta Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta,” kata pakar geologi dari Universitas Gadjah Mada, Agus Hendratno, di Yogyakarta, Minggu (7/11).

Menurut dia, sudah ada institusi resmi dari pemerintah yaitu PVMBG dan BPPTK yang memiliki kewenangan penuh untuk urusan Gunung Merapi sekaligus menginformasikannya kepada pemerintah daerah dan masyarakat guna mengambil langkah-langkah yang tepat terkait dengan upaya penyelamatan.

“Institusi-institusi pemerintah itu yang semestinya diikuti dan dipatuhi, bukan isu-isu yang tidak jelas sumbernya yang hanya menambah keresahan dan kepanikan,” katanya.

Sementara Kepala PVMBG Dr Surono, menghimbau kepada semua orang untuk tidak memberikan informasi yang tidak bertanggung jawab dan menjaga suasana kondusif.

“Dalam keadaan seperti ini banyak saja yang memberikan informasi yang tidak bertanggung jawab. Maka itu saya harap kita bersama-sama menjaga agar suasana kondusif,” Dr. Surono.

Sumber:
1. http://www.antaranews.com/
2. http://www.detik.com
3. Wartono Rahardjo



Advertisements
Categories: Berita Merapi
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: